7.11.08

07.11.2008 Hoax

Pertama kali aq tau istilah ini dr temen saia, Oka. pas lagi browsing" gt dia ngomong, "klo ga ada kerjaan liad aja web ini". ternyata isinya tu hoax yang beredar di Indo.

Apa sih Hoax itu?

Hoax tu artinya cerita bohong. Seringkali hoax-hoax ini disebarkan lewat email, bulbo, milis, SMS, n media-media lainnya. Tujuannya ya macem", n kebanyakan membuat kita jadi heboh n parno terhadap suatu hal.

Contoh hoax misalnya sms yang dulu pernah beredar kalo pada DD MM 2008 dimohon untuk mematikan HP karena bakal ada radiasi infra merah yang mematikan ato apaaaaaa gt. Karena masih awam ma hoax n aq orangnya gampang percaya, ya aq jd ikut matiin hp n nge forward sms itu ke orang-orang.

Pas tau ternyata ada hal semacam Hoax, hal pertama yg muncul di pikiranku tu "kok aq bodo amat ya bisa percaya dgn gampang banget ma bullsh*t gituw, apalagi uda bikin orang-orang laen jd ikutan sesat juga"

Jadi, sekarang sih aq mulai ati-ati ma semua berita yang suka terlalu heboh, terutama yg ada embel" "mohon forward ini ke smua orang yang anda kenal" ato kalimat" semacam itu. Kadang kita kan sering mikir "ah ga ada ruginya percaya ato diikutin". Ya itu sih terserah, tapi jangan ampe kita jadi ikut menyesatkan orang laen.

Intinya, jangan langsung percaya ma berita yang kau denger (berita apapun). Kalo bisa, cek dulu kebenarannya. Yaa secara banyak orang kadang suka berniat jahat. . . Klo ga ada bukti yang jelas, jangan langsung percaya. . .

yah kira" begitulah. . .

ini ada beberapa referensi web yang membahas tentang Hoax.

Hoax in Indonesian
Hoax Hari Ini
Betul-Betul Berita Bohong

Have a nice day ^^~

-EveLy-

Tidak ada komentar: